LOWER THAN THE ANGEL
Manusia, adalah sesuatu yang sangat istimewa didunia ini. Mereka dapat berbicara, dapat berjalan, dapat tumbuh, dapat bertahan hidup. Memang semua itu dimiliki mahluk selain manusia, tetapi yang membuat manusia itu istimewa adalah akal pikiran, hati dan perasaan. Dengan hati dan perasaan, manusia bisa mengenal kasih dan sayang, bisa mengenal saling tolong menolong, bisa mengenal saling membagi cinta. Dan dari mulai zaman pertama adanya keberadaan manusia, manusia sudah bisa membuat inovasi – inovasi yang spektakuler . Mulai dari membuat alat – alat pertanian, alat – alat pemburuan, dari batu dan lain-lain. Semua itu berasal dari sesuatu yang sangat dari manusia itu sendiri yang tidak dimilliki oleh mahluk – mahluk lain yang diciptakan manusia didunia ini yaitu adalah akal pikiran. Dengan akal pikiran, manusia bisa melakukan sesuatu dengan pemikiran yang matang, tidak gegabah, tidak asal – asalan, tidak ceroboh. Lalu dengan akal pikiran, hati, dan perasaan, terciptalah mahluk yang sangat sempurna yaitu manusia, semua itu adalah gift dari Allah SWT. Dengan semua itu manusia bisa belajar, bisa memiliki anak, mengasihi dan menyayangi anak mereka. Namun mahluk lain?, contohnya binatang. Binatang bertahan hidup hanya dengan menggunakan instingnya, binatang melakukan sesuatu berdasarkan apa yang menurut mereka benar dan tidak mengancam keselamatan diri mereka, dan pada intinya mereka tidak miliki akal pikiran, tetapi mereka memiliki hati dan juga perasaan. Buktinya mereka bisa merawat anak – anaknya dengan baik. Contohnya, seperti induk ayam yang setia mengerami telur – telurnya hingga menetas, kangguru melindungi anaknya dengan meletakkan anaknya didalam kantongnya, koala yang melindungi anak nya dengan cara menggendong anaknya kemana pun induknya pergi . Namun, mereka melakukan semua itu hanya dengan menggunakan insting mereka untuk bertahan hidup.
Namun, sebelum itu dari manakah asal muasal manusia itu sendiri?. Pada tahun 1859 seorang ilmuwan yang bernama Charles Darwin mengatakan nenek moyang manusia berasal dari kera. Kera tersebut kemudian berevolusi terus menerus sehingga berubah bentuk menjadi manusia yang seperti sekarang ini. Namun, apakah kita ingin jika kita semua ini berasal dari kera yang berevolusi?, tentu tidak. Karena menurut agama islam, manusia pertama didunia ini adalah Nabi Adam as. Nabi Adam as lahir akibat dari percampuran antara segumpal darah dan segumpal daging yang berasal dari tanah. Itu merupakan manusia jenis laki – laki. Sedangkan untuk wanita yaitu Hawa, tercipta dari tulang rusuk nabi Adam as. Dengan kata lain tiap wanita di dunia ini tercipta dari tulang rusuk tiap laki – laki di seluruh dunia ini. Dan semua manusia itu diciptakan berpasang – pasangan, dengan kata lain manusia di haruskan mencari pasangannya masing – masing, dan diibaratkan tiap laki – laki didunia ini mencari tulang rusuknya yang hilang.
Kemudian dalam menciptakan suatu inovasi – inovasi baru, manusia selalu mengikuti perkembangan zaman. Dan setiap zaman selalu ada titik belok, cara baru untuk melihat koherensi dunia. Setiap budaya mencoba untuk memperbaiki momen tergambar tersebut, yang saat itu berubah oleh konsep baru atau sifat alami manusia. Awal – awal manusia menciptakan inovasi – inovasi masih sangat sederhana. Contohnya, memotong sesuatu masih menggunakan kampak dari batu yang belum terjamin kehigienisannya, membuat api masih menggunakan gesekkan antara batu atau benda padat lainnya. Saat itu yang namanya alat – alat masih sangat amat sederhana, dan manusia pun masih bekerja dalam menggunakan alat tersebut. Arti bekerja disini adalah masih menggunakan tenaga mereka untuk menggunakan alat tersebut. Namun, lama – kelamaan seiring dengan berkembangan zaman keadaan menjadi berubah, alat – alat tersebut semakin canggih. Sekarang untuk memotong sesuatu kita bisa menggunakan blender walaupun masih ada pisau yang sudah higienis, membuat api tinggal menggunakkan pemantik api, untuk transportasi dulu manusia masih berjalan, sekarang manusia sudah bisa menggunakan mobil untuk transportasi kemana pun, remote TV alat untuk memudahkan kita untuk mengatur televisi kita. Semua alat – alat tersebut adalah inovasi – inovasi yang dibuat manusia berdasarkan gift yang mereka punya, yaitu akal pikiran mereka. Akal pikiran mereka itu adalah keajaiban yang tidak ada bandingannya, dengan akal pikiran tersebut bisa sangat membantu kelangsungan hidup umat manusia atau bahkan bisa membunuh kelangsungan hidup umat manusia itu sendiri atau bahkan bisa membunuh dunia ini dalam sekejap. Karena otak manusia terus berfikir dan berfikir untuk mempermudah hidup umat manusia, mencari jalan termudah untuk kelangsungan hidup manusia. Dalam melakukan inovasi – inovasi tersebut tentu perlu dipikirkan juga akibatnya. Namun, akibat yang di fikirkan adalah akibat kepada manusia nya saja, ada satu yang terlupakan yaitu adalah akibat terhadap alam sekitar yang menjadi tempat tinggal manusia itu sendiri. Kita flashback dulu sebentar masalah ini, pada zaman batu dulu, manusia menciptakan inovasi tersebut dengan cara memanfaatkan alam sekitarnya dengan sebaik – baiknya. Namun, setelah potensi alam di sekitarnya sudah habis maka manusia jaman dahulu meninggalkan tempat tersebut untuk mencari tempat yang mempunyai potensi yang lebih baik atau masih layak untuk tinggali.. Contohnya yang paling sering adalah memburu, memburu adalah cara yang paling ampuh bagi manusia jaman batu untuk mencari makanan, mereka memburu berbagai macam mahluk hidup lain selain spesies mereka, dengan taruhan nyawa mereka melakukan pemburuan secara territorial, dan dengan alat yang hanya menggunakan kampak dari batu yang diasah, dengan tombak, dan dengan panah yang busurnya dibuat dari kayu dengan tingkat elastisitas yang sudah dipikirkan dan anak panah yang terbuat dari kayu juga dan dengan mata panah dari batu yang telah di asah. Namun sekarang kita tidak perlu lagi yang nama nya berburu – berburu seperti jaman dahulu, sekarang kita tinggal membeli daging – daging tersebut dengan alat jual beli yaitu uang. Kita hanya tinggal menerima daging yang sudah diolah sedemikian rupa hingga layak konsumsi untuk kita.
Kita kembali lagi pada masalah akibat dari inovasi – inovasi manusia yang sangat pesat terhadap alam sekitar mereka bahkan dunia. Contohnya seperti lemari es, lemari es merupakan lemari pendingin untuk mendinginkan sesuatu yang didalamnya, manfaatnya memang sangat bagus tetapi akibat terhadap alamnya sangat buruk, karena Lemari es tersebut mengeluarkan angin panas yang membuat udara di alam luar dan sekitarnya menjadi panas, ini juga yang menyebabkan suhu Bumi menjadi meningkat. Contoh lain adalah kendaraan bermotor, kendaraan bermotor sangat membantu dalam kehidupan manusia. Dalam melakukan segala kegiatan yang ada, manusia tidak lepas dari masalah transportasi, dalam masalah berkantor, berinteraksi dengan sesama manusia di tempat jauh. Itu semua membutuhkan alat transportasi yang memadai. Namun, jika kita melihat akibat dari semua itu terlihat gas atau asap pengeluaran dari kendaraan bermotor tersebut berupa CO2 , zat tersebut itulah yang menyebabkan suhu Bumi menjadi meningkat juga, lapisan ozon di penuhi oleh karbon dioksida, seperti efek rumah kaca. Contoh – contoh tersebut dapat mengindikasikan kita bahwa, teknologi – teknologi yang telah tercipta tersebut tidak hanya memberikan dampak positif bagi manusia, tetapi memberikan dampak negatif juga. Dengan rusaknya alam, sudah barang tentu manusia pun lama – lama akan rusak juga, karena alam itu sendiri adalah tempat tinggal manusia.
Sebenarnya, dengan adanya inovasi – inovasi tersebut secara tidak langsung membuat manusia menjadi mahluk yang pemalas. Karena dengan adanya alat – alat tersebut membuat manusia jadi ketergantungan terhadap alat tersebut. Coba jika tidak ada kendaraan bermotor untuk saat seperti sekarang, sudah pasti manusia jaman sekarang akan mengeluh, mengeluh dan mengeluh dengan frase “Ah males !”. berjalan bagi sebagian manusia jaman sekarang adalah hal menurut mereka buang – buang waktu, buang – buang tenaga dan buang – buang pikiran. Lalu untuk hal yang sepele saja seperti menghidupkan TV tanpa menggunakkan remote TV , itu sudah males – malesan atau ogah – ogahan dalam melakukannya. Itu sudah menunjukkan bahwa manusia jaman sekarang sudah terlalu ketergantungan dengan alat – alat atau inovasi – inovasi tersebut. Mungkin beberapa tahun kemudian, dunia ini sudah tidak adalagi tanaman – tanaman, rumput – rumput hijau, dan lain – lain sebagainya. Yang ada mungkin hanya mesin – mesin, robot – robot , dan lain – lain. Pada saat itu mungkin manusia sudah tidak perlu bekerja terlalu berat bahkan mungkin tidak perlu bekerja sama sekali. Pada saat itu segala sesuatu aktifitas yang seharusnya dilakukan oleh manusia, di lakukan oleh mesin atau robot. Pada zaman seperti itu sudah termasuk pada jaman nano, sudah bukan jaman digital lagi. Pada akhirnya manusia akan diperbudak oleh teknologi, oleh inovasinya sendiri, oleh ciptaannya sendiri atau dengan kata lain senjata makan tuan. Padahal, manusia itu memiliki potensi – potensi yang meyakinkan tanpa menggunakan alat – alat tersebut, hanya saja jika manusia menyadari potensi yang ada pada diri mereka. Seharusnya dengan segala potensi yang ada bisa mengendalikan siklus alam yang luar biasa luasnya. Perkembangan inovasi –inovasi tersebut dan juga alat – alat tersebut tidak lepas dari perkembangan budaya. Melalui perkembangan budaya, pemikiran manusia akan terus berkembang dengan sendirinya. Budaya manusia yang kita paling kenal adalah mulai terbentuk pada jaman yang belum lama hilang yaitu jaman es , jaman tersebut ada kira – kira 100 ribu atau bahkan 50 ribu tahun yang lalu. Pada saat itu kita menemukkan peralatan yang sangat detail yang dibuat oleh seseorang yang berpengalaman dalam bidang peralatan pemburuan. Tombak lempar sebagai contohnya dan tongkat yang sudah benar – benar di lancipkan, harpun yang dipenuhi dengan duri – duri dan sudah tentu batu - batu api yang digunakan untuk bahan pembuatan peralatan pemburuan. Itu sudah jelas bahwa, penemuan – penemuan tersebut mungkin langka tetapi semua itu menyebar pesat melebihi budaya yang ada. Sebagai contoh, pemburu Magdalenia eropa bagian selatan 15 ribu tahun yang lalu yang menemukan harpun. Pada jaman belum lama ini tentang penemuan – penemuan, harpun buatan magdalenia tidak mempunyai duri – duri kemudian mereka membuat duri –duri pada harpun mereka dengan menggunakan kail ikan yang di susun hanya dengan satu baris vertikal dan pada akhir jaman tersebut saat seni pembungaan pada gua sedang bergelut, mereka membuat duri pada harpun mereka dengan dua baris vertikal kail ikan. Pemburu Magdalenia mendekorasi peralatan tulang mereka, dan itu bisa disematkan pada waktu yang tepat dan untuk menentukan letak geografis mereka. Merekalah, fosil yang mereview evolusi dari budaya – budaya manusia dalam taraf penigkatan.
Manusia dapat bertahan dalam seleksi alam yang sangat kejam pada jaman es dikarenakan mereka memiliki pemikiran yang fleksibel untuk mengenali inovasi – inovasi atau penemuan – penemuan dan merubah mereka kedalam property dalam komunitas.Menurut fakta, jaman es membuat perubahan yang amat sangat berpengaruh dalam cara hidup manusia. Jaman es memaksa par manusia untuk lebih sedikit bergantung pada tanaman dan tumbuhan, dan lebih banyak bergantung pada hewan – hewan yang ada. Kekerasan dalam berburu di pinggiran es juga membuat perubahan dalam strategi untuk berburu. Dalam berburu kali ini, menjadi kurang atraktif untuk memburu satu hewan walau pun hewan tersebut besar. Alternatif yang baik adalah mengikuti kawanan dan jangan sampai kehilangan jejak mereka, untuk mempelajari, untuk mengantisipasi sesuatu dan akhirnya untuk membiasakan kebiasaan mereka termasuk cara migrasi mereka yang selalu menebak – nebak.
Itu semua juga salah satu bukti bahwa manusia memiliki potensi – potensi lebih dalam bertahan hidup, penemuan – penemuannya, cara mereka berkembang dalam hal kebiasaan dan juga yang paling penting adalah budaya yang terus menerus berkembang. Yang unik adalah cara mereka menemukkan penemuan – penemuan yang bermanfaat bagi mereka sendiri, seperti harpun yang di pasang duri – duri pada seluruh bagian harpun tersebut. Dan juga di pasang kaail – kail ikan yang di jejerkan secara vertical, desain tersebut bukan lah hanya asal – asalan , dengan posisi kail – kail seperti itu dan harpun yang berduri – duri tersebut membuat objek yang tertusuk oleh harpun – harpun tersebut akan tidak mudah di lepaskan dan jika dipaksa dicabut dari tubuh objek maka akan melukai objek dari dalam dan lebih ampuh untuk membunuh objek tersebut. Objek di sini adalah hewan – hewan yang di buru oleh manusia pada saat itu. Bukti lagi bahwa manusia itu memiliki potensi yang sangat luas biasa, itu sudah tidak bisa di pungkiri lagi akan hal itu. Dunia yang tadinya hanya sebuah daratan dan perairan, yang isi nya hanya tanam – tanaman dan hewan – hewan yang tidak mempunyai akal pikiran, kini dengan kehadiran manusia di dunia, segala sesuatunya bisa berubah dengan derastis dan pesat. Peradaban – peradaban yang semakin maju dan modern, kini sudah tidak heran lagi di dunia ini. Semakin maju peradaban maka semakin banyak pula manusia yang ada di dunia ini. Semakin banyak manusia yang ada di dunia ini maka semakin banyak pula sumber daya alam yang di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia di dunia ini. Namun, sekarang ini sumber daya alam sudah semakin menipis tiap tahun ke tahun, karena dari tahun ke tahun jumlah manusia pun semakin bertambah tidak terkendali. Antara berkurangnya sumber daya alam dan bertambahnya jumlah manusia di dunia tidak seimbang, dan akhirnya menyebabkan konsumsi sumber daya alam yang sangat amat berlebih. Dan lama kelamaan mungkin sumber daya alam di dunia ini akan habis, lalu setelah itu kondisi itu memaksa manusia untuk mencari atau bahkan membuat sumber daya nya sendiri. Dan mungkin juga Bumi kita yang tercinta ini akan kita tinggalkan dengan amat sangat terpaksa. Karena pada saat itu sudah tidak ada lagi yang tersisa, tanaman – tanaman hijau, dan lain – lain. Dan yang tersisa hanyalah limbah – limbah , sampah – sampah yang sudah tidak bisa di gunakan lagi. Dan pada saat itu juga Bumi kita akan mati, tidak dapat dihuni manusia lagi, bahkan tidak ada mahluk hidup satu pun sekecil apapun.
Mungkin sekarang ini telah di rencanakan masalah pesawat luar angkasa dengan ukuran yang sangat besar yang bisa menampung sebegitu banyak nya manusia. Mungkin satu negara bisa di tampung di dalamnya, dengan keadaan seperti ini pula manusia di tuntut untuk melakukan pemikiran – pemikiran yang melahirkan inovasi – inovasi yang mutakhir yang harus mempunyai jaminan kuat untuk membantu umat manusia dalam bertahan hidup.
Telah banyak film – film yang menggambarkan kehidupan Bumi untuk masa depan nya seperti apa. Bumi hanya tinggal debu – debu dan sampah – sampah yang berserakan dan menumpuk – numpuk. Dan yang hidup di sana hanya lah mesin – mesin yang bekerja sendiri dengan komputerisasi otomatis yang sangat amat mutakhir, manusia sebagai penciptanya pun sudah tersingkirkan dari ekosistem yang ada, dalam rantai kehidupan pada masa itu manusia yang menempati urutan kedua setelah mesin, ibaratnya seekor predator yang tadinya memangsa malah sekarang keadaan terbalik dengan predator tersebut yang di mangsa. Dengan keadaan yang seperti itu, manusia kembali di hadapkan pada kondisi yang membuat mereka mengeluarkan potensi mereka dengan maksimal. Dengan begitu secara tidak langsung, manusia kembali lagi pada masa di mana mereka harus berjuang untuk hidup dengan sumber daya yang apa ada nya, sama dengan jaman – jaman sebelum manusia mengenal tulisan alias jaman – jaman purba. Namun pada jaman – jaman purba dulu alam masih sangat amat indah dan bersahabat, walau pun ada beberapa momen saat alam sedang tidak bersahabat dengan manusia dan mahluk hidup lain penghuni Bumi. Seperti hujan meteor saat jaman reptil terbesar menempati Bumi ini yaitu Dinosaurus. Peristiwa itu memusnahkan seluruh spesies Dinosaurus yang ada di Bumi ini, sehingga sangat kecil kemungkinan yang tersisa walau pun ada sebagian yang tersisa dari peristiwa itu. Namun, hal itu tidak bertahan lama sehingga pada akhirnya spesies Dinosaurus di Bumi ini sudah punah.dan setelah itu di ganti dengan kehidupan yang baru lagi dengan kehidupan yang lebih baik lagi.Siklus kehidupan sebenarnya selalu seperti itu, jika sudah buruk suatu generasi maka akan di gantikan oleh genersi baru yang lebih baik lagi.
Peradaban manusia pada saat ini kelihatannya secara fisik memang mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam segala aspek kehidupan, namun jika dilihat lebih jauh lagi melewati secara fisik, peradaban manusia pada jaman sekarang ini mengalami kemunduran yang sangat drastis, dari mulai budaya nya, perilaku manusia yang mulai kembali ke budaya primitif. Perilaku manusia sekarang justru melebihi keprimitifan jaman – jaman jauh sebelum itu, karena mereka rata – rata selalu menyelesaikan suatu masalah dengan kekerasan dan kekerasan tanpa berfikir panjang terlebih dahulu untuk menentukkan cara yang lebih baik lagi. Dengan kata lain orang jaman dulu saja masih bisa berfikir panjang untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa ada kekerasan, dan kita sebagai orang yang seharusnya sudah termodernisasi dan seharusnya sudah memiliki logika yang sudah luas, namun semua itu hanya isapan jempol belaka. Kenyataan berkata lain ketika banyak sekali peristiwa – peristiwa kerusuahan – kerusuhan, tawuran – tawuran antar pelajar bahkan antara tawuran orang dewasa pun sering terjadi dan huru – hara pun juga sering kali terjadi. Itulah bukti ke primitifan manusia – manusia jaman sekarang, sangat memprihatinkan pelajar yang seharusnya belajar dengan giat dan rajin di sekolah mereka tetapi mereka malah tawuran – tawuran di jalanan, membuat keonaran di mana- mana dengan tidak memikirkan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Manusia memiliki banyak potensi itu sudah pasti, tetapi dalam hal ii potensi yang mereka gunakan adalah potensi yang di gunakan bukan pada tempatnya dan tidak sepantasnya dilakukan . Seorang pelajar seharunya memiliki potensi untuk menyerap pelajaran dengan pemikiran mereka yang sangat amat brilian. Dan lagi – lagi, bukti bahwa otak manusia, akal pemikiran manusia itu adalah gift yang sangat amat berharga dan tidak ada bandingannya. Allah SWT menciptakan manusia sebagai mahluk yang paling sempurna yang pernah ia ciptakan, namun terkadang manusia itu sendiri tidak menyadari akan hal itu dan tidak menghargai akan hal itu. Bahkan ada saja yang mahluk yang wujudnya adalah manusia tetapi hati dan pemikirannya seperti binatang. Sikap dan tingkah lakunya kepada manusia lain seperti binatang yang tidak mengenal musuh atau teman. Manusia yang seperti iu adalah manusia yang derajatnya lebih rendah dari pada binatang. Padahal seharusnya menurut fakta, manusia itu adalah mahluk social. Mereka tidak hidup sendiri di dunia ini, sehebat – hebatnya manusia tidak mungkin dia tidak membutuhkan pertolongan dari manusia lain. Contohnya, jika kita sedang ingin membeli sesuatu ke toko, apakah kita akan membayar barang yang kita beli hanya membayar pada mesin kasir?, tentu tidak karena mesti harus ada penjaga kasir yang mengoperasikkan mesin kasir tersebut. lalu jika kita ingin berenang di kolam renang umum, apakah kita sendiri yang mengisi kolam tersebut dengan air?, tentu tidak karena mesti harus ada orang yang bertugas mengisi kolam renang tersebut dengan air. Lalu jika ada kebakaran hebat, apakah kita bisa memadamkan apinya sendiri?, tentu tidak karena sudah tentu kita membutuhkan pertolongan petugas pemadam kebakaran yang sudah ahli dalam memadamkan api dan mereka sudah memiliki perlatan untuk memadamkan api yang memadai. Lalu jika kita ingin mandi, apakah kita yang membuat sabun mandi sendiri untuk kita gunakan untuk membersihkan diri?, tentu tidak karena sudah ada orang yang ahli dalam membuat sabun mandi tersebut. Lalu jika kita ingin membeli makanan di rumah makan, apakah kita yang memasak makanan pesanan kita sendiri?, tentu tidak karena sudah ada orang yang ahli dalam bidang memasak tersebut.
Jadi di dunia ini manusia memiliki keunggulannya masing – masing dalam berbagai hal. Dengan keunggulan mereka tersebut, mereka bisa saling tolong menolong. Dengan kata lain, seoraang manusia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki orang lain, dia bisa membantu seorang manusia lain dengan keunggulannya tersebut yang manusia lain tidak bisa melakukannya.Singkatnya manusia itu di dunia ini saling mengisi kekurangan satu sama lain dengan kelebihan mereka. Dengan begitu, manusia bisa membangun peradabannya dengan segala potensi yang dia miliki, dengan akal pikiran mereka yang cemerlang, dengan hati dan perasaan mereka.
The Harvest of Season
Riwayat dari orang dibagi sangat dengan bervariasi. Pertama di situ adalah evolusi biologinya: semua tahapan terpisah itu kita dari nenek moyang siamang kita. Itu terbeset beberapa jutaan tahun. Kemudian di situ adalah riwayat budayanya: gelombang setelah badai panjang dari peradaban terpisah itu kita dari minoritas terus hidup suku perburuan dari Afrika, atau dari makanan gatherers dari Australia. Dan semua detik itu, celah budaya kenyataannya berkerumun ke dalam beberapa ribu tahun. Ini pulang hanyalah tentang duabelas ribu tahun – sesuatu berlalu sepuluh ribu tahun, tapi banyak kurang dari duapuluh ribu. Mulai sekarang aku harus hanya menjadi membicarakan tentang terakhir itu duabelas ribu tahun yang mengandung hampir keseluruhan pendakian dari orang saat kita berpikir dari dia sekarang. Namun perbedaan di antara kedua-duanya angka, yang, di antara skala waktu biologi dan budaya, adalah sangat hebat bahwa aku tidak dapat meninggalkan ini tanpa satu kerling mundur.
Ini ambil paling sedikit dua juta tahun untuk orang ubah dari gelap kecil ciptaan dengan batu pada tangannya, Australopithecus di Afrika Pusat, ke bentuk modern, Sapiens homoseksual. Yang langkah dari evolusi biologi – sungguhpun evolusi biologi dari orang telah lebih cepat dibandingkan yang lain binatang. Tapi yang ini telah mengambil banyak kurang dari duapuluh ribu tahun untuk Homoseksual Sapiens untuk menjadi ciptaan yang kamu dan aku bercita-cita: artis dan ahli sains, ahli bangunan kota dan perencana untuk masa depan, pembaca dan pelancong, penjelajah ingin dari fakta alami dan emosi manusia, sekali lebih kaya di pengalaman dan bolder di imajinasi dibandingkan apapun nenek moyang kita. Yang langkah dengan evolusi budaya; satu kali ini buka, pergi ini sebagai rasio dari itu dua pergi angka, paling tidak seratus kali evolusi lebih cepat dibandingkan biologi.
Satu kali ini buka: yang frasa rumit. Kenapa perubahan budaya yang mempunyai membuat orang sarjana dalam ilmu bumi memulai sangat baru-baru ini? Duapuluh ribu tahun berselang anak-buahi di semua bagian dari dunia yang dia telah menjangkau adalah satu forager dan satu pemburu, siapa paling ilmu pengetahuan tentang teknik lanjutan adalah untuk menyertakan sendiri ke satu gembala berpindah sebagai Lapps masih lakukan. Oleh tahun ribu sepuluh berselang yang mempunyai berubah, dan yang dia telah mulai di beberapa tempat untuk membiasakan beberapa binatang dan untuk menanami beberapa pabrik; dan yang adalah perubahan dari peradaban yang mana buka. Ini luar biasa untuk memikirkan bahwa hanya pada terakhir duabelas ribu tahun yang punya peradaban, saat kita memahami ini, dibuka. Di sana harus adalah satu eksplosi luar-biasa. Ini adalah akhir dari Zaman Es terakhir.
Kita dapat menangkap tampilan dan, sebagaimana, smel dari perubahan pada beberapa pemandangan hal sungai es. Bersemi di permainan ulang Islandia sendiri setiap tahun, tapi ini satu kali dimainkan sendiri berlalu Eropa dan Asia ketika es yang mundur. Dan anak-buahi, siapa mempunyai datang lewat kapal keras yang tidak masuk akal, telah kembara atas dari Afrika berlalu juta tahun terakhir, telah perangi melalui Zaman Es, tiba-tiba mendirikan berbunga halus dan sekitar yang hewan dia, dan menggerakkan ke dalam satu berbeda semacam hidup.
Ini biasanya dipanggil ’ revolusi pertanian ’. Tapi aku berpikir dari ini seperti sesuatu banyak lebih luas, revolusi biologi. Di sana dijalin di dalamnya cocok tanam dari pabrik dan penjinakan dari binatang pada satu semacam lompatan katak. Dan di bawah sini operasikan perbuatan nyata rumit orang itu mendominasi lingkungannya di dalamnya paling penting aspek, tidak secara fisik kecuali pada taraf dari makhluk hidup palnts dan binatang. Dengan yang di situ datangi satu dengan sama revolusi sosial powerfull. Karena sekarang ini menjadi mungkin lebih dari tersebut, ini jadi diperlukan – untuk menganak-buahi atasi. Dan ciptaannya yang telah menjelajahi dan berbaris untuk satu juta tahun yang harus membuat keputusan rumit: apakah akan dia gencat satu nomad dan menjadi satu orang desa. Kita punya satu rekaman anthoropological dari berjuang dari hati nurani dari seseorang yang membuat keputusan ini: rekaman adalah Kitab Injil, Buku Perjanjian Lama. Aku meyakini peradaban itu bersandarkan keputusan itu. Seperti untuk orang-orang siapa jangan terbuatnya, ada sedikit orang yang selamat. Terdapat beberapa nomad suku yang masih membicarakan secara tuntas ini luas transhumance bepergian dari sesuatu menyerempet asas ke lain: Bakhtiari di Ajam, antara lain. Dan kamu yang punya sebenarnya untuk dilaksanakan perjalanan dengan mereka dan kehidupan dengan mereka untuk memahami peradaban itu tidak pernah dapat tumbuh senantiasa bergerak.
Segalanya di hidup nomad adalah tanpa tanda peringatan. Bakhtiari Yang selalu telah berjalan-jalan sendirian, sangat tak terlihat. sukai nomad lain, mereka berpikir dari diri mereka sendiri seperti sekeluarga, anak lelaki dari pendiri tunggal. (pada cara yang sama bangsa yahudi dipergunakan untuk panggil themselve anak-anak dari israel atau Jacob). bakhtiari mengambil nama mereka dari satu gembala legendary dari waktu Mongol, Bakhyar. legenda dari asal mereka sendiri yang mereka katakan dari dia berawal.
Dan ayah dari orang bukit orang-orang kita, Bakhtyar, keluar dari kecepatan dari southren gunung di era zaman purba. bijinya adalah sebanyak goyang pada gunung, dan orang-orangnya makmurkan.
Gema tentang kitab injil membunyikan berulang-ulang sebagai cerita lanjutkan. kepala keluarga Jacob Yang punya dua isteri, dan telah kerjakan sebagai satu gembala untuk tujuh tahun untuk masing-masing sebesar mereka. bandingkan kepala keluarga dari Bakhtiari:
Yang pertama istri dari Bakhtyar Yang punya tujuh anak lelaki, ayah dari tujuh baris saudara dari orang-orang kita. istri detiknya punya empat anak lelaki. dan anak lelaki kita harus mengira isteri anak perempuan dari ayah mereka tendanya saudara, kalau-kalau berkumpul dan tenda menjadi dispersi.
Seperti dengan anak-anak dari Israel, berkumpul adalah terpenting; mereka bukan terbongkar dari urus dari tukang cerita (atau dewan penasehat perkawinan) untuk beberapa saat.
Sebelum 10000 nomad BC orang-orang dipergunakan untuk ikuti migrasi alami dari gembala liar. tapi biri-biri dan kambing tidak punya migrasi alami. mereka yang pertama tentang ribu sepuluh terbiasa tahun berselang hanyalah anjing adalah satu pengikut berkemah alder dibandingkan tersebut. dan ketika menganak-buahi mereka terbiasa, dia tanggung tanggungjawab dari sifat alami; nomad harus memimpin gembala tanpa pengharapan.
Peran dari wanita di suku nomad di narowlly mendefinisikan. di atas semua, fungsi dari perempuan adalah untuk menghasilkan anak-anak orang-orang; terlalu banyak anak-anak dia adalah satu kemalangan langsung, karena pada akhirnya mereka mengancam bencana. terpisah dari tersebut, bea mereka tiduran mempersiapkan makanan dan pakaian. antara lain, perempuan antara Bakhtiari membakar roti pada etika tentang kitab injil, pada kue tidak beragi pada batu panes. tapi para wanita dan masa penantian perempuan untuk memakan hingga yang orang-orang telah makan. orang-orang seperti, lives dari pusat perempuan pada berkumpul. mereka memperah susu gembala, dan mereka membuat satu yoghurt bergumpal dari susu dengan mengocok ini pada satu kantong kulit kambing pada satu bingkai kaku primitif. mereka punya hanyalah teknologi sederhana taht dapat ditangani harian mengadakan perjalanan dari menempatkan tempatkan. kesederhanaan tidak romantis; ini adalah satu hal survival. everthing harus tersinari cukup dibawa, untuk dibuat tiap sore dan dikemasi jauh lagi tiap pagi. ketika wol spin perempuan dengan sederhana mereka, alat masa lampau, ini adalah untuk penggunaan langsung, untuk membuat reparasi yang penting pada perjalanan tidak ada lagi.
Tidaklah mungkin pada hidup nomad untuk membuat hal-hal yang tidak akan diperlukan untuk beberapa minggu. mereka tidak dapat dibawa. dan sesungguhnya Bakhtiari tidak mengetahui bagaimana caranya membuat mereka. kalau mereka memerlukan teko logam, mereka mengukarkan mereka dari orang-orang teratasi atau dari satu kasta pekerja gipsi siapa specialise pada logam. satu kuku, satu pijakan kaki, satu anak-anakan, atau satu belnya anak adalah apapun yang ditukar dari luar suku. hidup bakhtiari adalah juga sempit untuk mempunyai waktu atau keterampilan untuk specialisation. ada tidak ada kamar untuk inovasi, karena di situ dan pergi semua hidup mereka, untuk mengembangkan satu alat baru atau satu baru thougth tidak bahkan suatu nada baru. satu-satunya adat kebiasaan yang terus hidup adalah adat kebiasaan yang tua. satu-satunya ambisi dari anak lelaki adalah untuk seperti ayah.
Ini adalah hidup tanpa fitur. tiap malam adalah akhir dari satu hari seperti terakhir, dan tiap pagi akan begining dari satu perjalanan seperti hari sebelum. ketika pecah hari, ada satu pertanyaan di semua orang urus: dapat berkumpul menjadi peroleh dalam yang akan datang kelulusan tinggi? Satu hari pada perjalanan, kelulusan paling tinggi dari semua harus diseberangi. ini adalah Zadeku kartu tanda lewat, duabelas ribu foot tinggi pada Zagros, yang berkumpul harus bagaimanapun juga menggelut melalui atau susup di dalamnya jangkauan bagian atas. untuk suku harus maju, gembala harus menemukan gembala lagi tiap hari, karena di pengembalaan kemuliaan ini dilelahkan di hari tunggal.
Setiap tahun Bakhtiari menyeberangi enam jangkauan pegunungan pada perjalanan keluar (dan seberangi mereka lagi untuk kembali). mereka berbaris melalui salju dan banjir bersemi siram. dan di hanyalah sesuatu menghormati mempunyai hidup mereka memajukan berada di luar ribu sepuluh tersebut tahun berselang. nomad dari saat itu yang harus melaksanakan perjalanan berjalan kaki dan membawa pak mereka sendiri. Bakhtiari Yang punya kuda binatang beban, keledai, keledai yang mempunyai hanyalah telah dibiasakan sejak saat itu. tidak ada yang lain pada hidup mereka adalah baru. dan tidak ada apapun adalah mengesankan. Nomad tidak punya tanda peringatan, bahkan ke mati (Yang Bakhtyar, yang Jacob terpendam?) Satu-satunya gundukan tanah yang bangun mereka adalah untuk menandai jalannya di tempat demikian sebagai Kelulusan dari perempuan, curang tapi lebih mudah untuk hewan dibandingkan kelulusan tinggi.
migrasi bersemi dari Bakhtiari adalah satu pengembaraan gagah berani; dan namun Bakhtiari adalah tidak begitu banyak gagah berani sebagai orang yang tabah. mereka diundurkan diri karena tidak dimanapun juga pimpinan pengembaraan. gembala musim panas themselve hanya akan menjadi satu stop anak-anak tidak sama dengan palce dari Israel, untuk mereka di situ adalah tidak ada darat dijanjikan. kepala dari yang keluarga telah mengerjakan tujuh tahun, seperti Jacob lakukan, untuk membangun satu berkumpul dari lima puluh biri-biri dan kambing. dia mengharapkan untuk kehilangan sepuluh mereka pada imigration kalau hal-hal pergi baik. kalau mereka pergi dengan sangat buruk, dia mungkin kehilangan duapuluh di luar pagar dari itu lima puluh. itu adalah aneh dari hidup nomad, tahun di dan tahun keluar. dan berada di luar tersebut, pada akhir dari perjalanan, di sana akan masih menjadi kecuali tidak ada apapun satu tak terukur, pelepasan jabatan tradisional.
Siapa mengetahui, di tiap orang tahun, apakah yang tua ketika yang mereka telah menyeberangi kartu tanda lewat akan mampu untuk rupa final uji: penyeberangan dari Sungai Bazuft? tiga bulan air pelelehan telah membengkak sungai. tribesmen, perempuan, binatang beban dan berkumpul adalah semua lelah. ini akan mengambil satu hari untuk menghajar berkumpul ke seberang tiver. tapi ini, di sini, sekarang adalah hari test. hari ini adalah hari pada yang mana muda menjadi orang-orang, karena survival dari gembala dan keluarga bergantung kepada kekuatan mereka. menyeberangi Sungai Bazuft seperti penyeberangan Jordan; ini adalah baptis ke kedewasaan. untuk anak muda, hidup untuk beberapa saat nampak hidup sekarang. dan untuk yang tua untuk yang tua, ini meninggal.
Apa yang terjadi untuk yang tua ketika. mereka tidak dapat menyeberangi sungai terakhir? tidak ada apapun. Mereka tinggalkan memeninggal. hanyalah anjing dibingungkan untuk melihat satu orang satu bandoned. orang menerima adat nomad; dia telah datang ke akhir dari perjalanannya, dan di situ adalah tidak ada menempatkan pada bagian akhir.
Lajang paling besar mengganggu pendakian dari orang adalah perubahan dari nomad ke pertanian desa. apa dibuat mungkin itu? satu ulah dari akan oleh Orang-orang, sungguh pasti; tapi dengan tersebut, satu asing dan rahasia ulah dari sifat alami. pada ledakan dari nabati lagi pada akhir dari Zaman Es, satu gandum bastar tampak di timur tengah. ini terjadi pada beberapa tempat: satu sesuatu khas adalah oase masa lampau dari Jericho.
Jericho adalah lebih tua dibandingkan pertanian. yang pertama orang-orang yang datang kemari dan diatasi oleh bersemi di ini jika tidak asas hancur adalah orang-orang yang memanen gandum, tapi belum mengetahui bagaimana caranya mengebunkan ini. kita mengetahui ini karena mereka membuat alat untuk panen liar, dan yang adalah satu potongan luar-biasa dari bidik-depan. mereka membuat di luar pagar arit dari batu api yang mana telah terus hidup; Jhon Garstang mendirikan mereka ketika dia sedang menggali sini pada 1930. arit masa lampau tepi akan telah disetel di masing-masing horn rusa, atau tulangi.
Di sana tidak lagi terus hidup, berdasarkan pada hll atau tel dan ini miringkan, semacam gandum liar itu orang setempat paling awal panen. tapi lalang itu masih sini harus terlihat sangat seperti gandum yang mereka dirikan, bahwa mereka mengumpulkan untuk pertama kali oleh segenggam, dan potong dengan yang sawing bergerak pada arit pengetam itu telah pergunakan bagi seluruh tahun ribu sepuluh sejak itu. yang Natufian pra civilisation pertanian. dan, tentu, ini tidak dapat bertahan. ini berada di atas susur dari makin pertanian. dan yang adalah hal berikutnya yang terjadi pada Jericho Tel.
Titik putar ke awur dari pertanian pada Masa Lampau hampir bisa dipastikan kejadian dari dua bentuk gandum dengan satu besar, kepala penuh dari biji. sebelum 8000 gandum BC bukan pabrik berlebih ini adalah hari ini; ini sekadar satu dari banyak liar merumput taht mengawurkan sepanjang timur tengah. oleh beberapa kecelakaan genetik, gandum liar berselisih dengan satu rumput kambing alami dan dibentuk satu bastar biak. itu kecelakaan harus dimiliki terjadi kerap kali pada bersemi nabati yang tersembul setelah Zaman Es terakhir. dalam kaitan dengan permesinan genetik itu perkembangan langsung, ini berkombinasi empat belas kromosom dari gandum liar dengan empat belas chrmosomes dari rumput kambing, dan dihasilkan Emmer dengan duapuluh delapan kromosom. yang apa membuat Emmer sekian banyak plumper. bastar mampu untuk awur secara alami, karena ini membibiti terikat kasih sayang dengan kulit sedemikian yang mereka sebar pada angin.
Untuk bastar seperti itu biak adalah jarang tetapi bukan unik antara pabrik. tapi sekarang cerita dari hidup tanaman kaya yang katut Zaman Es menjadi lebih kejut. di sana adalah satu kecelakaan genetik detik, yang yang mungkin sudah tiba sekitar karena Emmer telah ditanami. Emmer berselisih dengan rumput kambing alami lain dan satu statis dihasilkan bastar lebih besar dengan empatpuluh dua kromosom, yaitu gandum roti. yang cukup tidak mungkin dengan sendirinya, dan kita mengetahui sekarang roti itu gandum tidak akan telah biak tapi untuk satu mutasi genetik spesifik pada kromosom sesuatu.
Namun di situ adalah apapun bahkan orang asing. sekarang kita yang punya satu telinga indah dari gandum, tapi sesuatu yang yang tidak akan pernah terangin-angin pada angin karena telinga adalah juga ketat untuk pisahkan. dan kalau aku mematahkan ini atas, kenapa, kemudian sekam terbang kabur dan tiap-tiap reruntuhan buah biji-bijian persis dimana ini tumbuh. biar aku mengingatkan kamu, itu sangat berbeda dari gandum liar atau dari yang pertama, bastar primitif, Emmer. di bentuk primitif itu telinga adalah jauh lebih buka, dan kalau telinga memisahkan maka kamu memperoleh benar-benar akibat berbeda kamu memperoleh buah biji-bijian yang yang akan terbang pada angin. gandum roti telah kehilangan bahwa kemampuan. tiba-tiba, orang dan pabrik sudah tiba bersama-sama. orang punya satu gandum yang dia lives oleh, tapi gandum juga memikirkan orang itu dibuat untuk dia sebab hanyalah sangat dapatnya menjadi sebarkan. untuk gandum roti dapat hanya memperbanyak dengan pertolongan; orang harus memanen telinga dan menyebar biji mereka; dan hidup dari masing-masing, orang dan pabrik, bergantung kepada yang lain. ini adalah satu dongeng peri benar dengan genetik, seperti kalau keturunan civilisation telah diberkahi sebelumnya oleh semangat dari Gregor Mendel kepala biarawan.
Satu kata penghubung bahagia dari peristiwa alami dan manusia menciptakan pertanian. pada Masa Lampau yang terjadi sekitar ribu sepuluh tahun berselang, dan ini terjadi pada Bulan Sabit biak dari timur tengah. tapi ini sungguh pasti terjadi lebih dari satu kali. pertanian certanly hampir ditemukan lagi dan dengan mandiri pada Dunia Baru atau seperti itu kita bersandar bukti kita sekarang punyai jagung itu orang dibutuhkan menyukai gandum. seperti untuk Timur Tengah dia, pertanian terangin-angin di sini dan di sana berlalu slop kemiringan berbukit-bukitnya, dari yang mana pendakian dari Laut Mati ke Judea, daerah pedalaman dari Jericho, ada di satu karakteristik terbaik potongan dan tidak ada lagi. pada satu rasa harafiah, pertanian mungkin untuk mempunyai beberapa awal pada Bulan Sabit Biak, beberapa di antara mereka sebelum Jericho.
Namun Jericho mempunyai beberapa fitur yang membuat ini menurut sejarah unik dan memberikan ini satu status simbolis darinya sendiri. tidak sama dengan desa terlupakan di tempat lain, ini adalah sangat besar, lebih tua dibandingkan Kitab Injil, lapisan pada saat lapisan dari riwayat, satu kota. gula-gula masa lampau menyiram kota dari Jericho adalah satu oase pada tepi dari sunyi siapa bersemi sedang mengoperasikan dari prasejarah times membenarkan ke dalam kota modern hari ini. di sini gandum dan air mendatangi bersama-sama dan, di rasa itu, di sini orang memulai civilisation. di sini, juga, badui yang mendatangi dengan gelap mereka redam menentang dari sunyi, melihat waspada pada hidup jalan baru. itulah kenapa Joshua membawakan bangsa dari israel suku sini pada cara mereka untuk tanah terjanji karena gandum dan air, mereka membuat civilisation; mereka membuat janji dari satu alir darat dengan susu dan madu. gandum dan air mengarahkan tandus itu kaki gunung ke dalam kota paling tua dari dunia.
Tiba-tiba pada waktu itu Jericho ditransformasikan. orang-orang datang dan segera jadi iri dari jiran mereka, sehingga yang mereka yang harus membentengi Jericho, arahkan ini ke dalam satu kota berdinding, dan bangun satu menara besar, sembilan ribu tahun berselang. menara adalah tigapuluh foot ke seberang pada dasar dan, untuk sesuaikan, hampir tigapuluh foot sungguh-sungguh mendalam. dan mendaki di sisinya lapisan pelahiran maksud penggalian pada saat lapisan dari civilisation masa lalu: awal pra barang tembikar orang-orang, berikutnya pra barang tembikar orang-orang, keturunan barang tembikar tujuh ribu tahun berselang; tembaga awal, gangsa awal, midlle merahtuakan. masing-masing sebesar civilisation ini datangi, menaklukkan Jericho, memakamkan ini, dan bangun sendiri atas; sehingga itu terletak menara tidak begitu banyak pada empatpuluh lima foot tanah seperti pada empatpuluh lima foot civilisations masa lalu.
Jericho adalah satu mikrokosmos riwayat. di sana akan situs lain dirikan di tahun datang (terdapat beberapa sesuatu baru yang penting telah) yang yang akan berganti gambar kita dari awal dari civilisation. namun kekuatan untuk menggantikan tempat ini, penampakan mundur sepanjang pendakian dari manusia modern, dalam dalam hati dan di emosi dengan sama. ketika aku adalah satu anak muda, kita semua pikir penguasaan itu berasal dari dominasinya orang dari lingkungan fisiknya. sekarang kita yang punya belajar bahwa penguasaan kenyataan berasal dari pemahaman dan mencetak lingkungan hidup. yang bagaimana menganak-buahi dimulai pada Bulan Sabit biak ketika dia meletakkan tangannya pada pabrik dan binatang dan, di belajar untuk hidup dengan mereka, mengubah dunia untuk kebutuhannya. ketika Kathleen Kenyon ulang ditemukan menara masa lampau pada 1950, dia mendirikan bahwa ini adalah berongga; dan ke aku, tangga rumah ini adalah sejenis satu proot, satu lubang pengintip ke dasar goyang dari civilisation. dan dasar goyang dari civilisation adalah hidup menjadi, tidak dunia fisik.
Oleh 6000 BC Jericho adalah satu hari perhitungan pertanian besar. Kathleen Kenyon menaksir bahwa ini mengandung tiga ribu orang-orang, dan terliput delapan atau sepuluh akre pada perempuan walls.the giling gandum dengan batu berat menerapkan yang mengenali satu komunitas teratasi. bentuk orang-orang, ditepuk dan cetak lempung untuk bata bangunan, beberapa paling awal dikenal. tanda dari cap jempol pembuat bata masih di situ. orang, sukai gandum roti, kini tetap pada tempatnya. satu komunitas teratasi juga mempunyai satu hubungan berbeda ke mati. orang setempat dari Jericho memelihara beberapa tengkorak dan terliput mereka dengan memperinci dekorasi. tak seorangpun ketahui kenapa, kecuali jika ini adalah satu aksi disebabkan.
Tak seorangpun yang dibawakan berdasarkan pada Buku Perjanjian Lama, seperti aku, dapat meninggalkan Jericho tanpa minta dua pertanyaan; Lakukan Apakah akhirnya menghancurkan kota ini? dan lakukan tembok alangkah datangi terguling bawah? itu adalah pertanyaan yang membawakan orang-orang ke lokasi ini dan putaran ini ke dalam satu legenda hidup. untuk yang pertama pertanyaan, ada satu jawaban mudah: Ya. bangsa dari israel suku sedang memperangi untuk memperoleh ke dalam Bulan Sabit biak yang mana dioperasikan atas pantai Mediteranian, penggelunturan pegunungan dari Anatolia, dan putuskan ke arah Tigris dan Euphrates. dan sini di Jericho adalah kunci itu terkunci cara mereka atas pegunungan dari Judea dan terbongkar ke dalam daerah subur Mediterania. mereka ini harus taklukkan, dan mereka lakukan sekitar 1400 BC tentang tiga ribu tigaratus ke tiga ribu empat ratus tahun berselang. cerita Kitab Injil bukan dicatat hingga barangkali 700 BC; yang, rekening akan dua ribu enam ratus tahun usia sebagai satu rekaman tertulis.
Tapi lakukan tembok mendatangi terguling bawah? kita tidak mengetahui. ada tidak ada bukti arkeologis di sini lokasi itu saran itu seperangkat sesuatu tembok hari baik alangkah mencurah flat. tapi banyak setelan dari tembok mencurah, di waktu yang berbeda. terdapat sebuah Umur Perunggu periode sini dimana seperangkat tembok dibangun kembali paling tidak enam belas kali. karena ini adalah negara gempa. ada gemetaran sini masih tiap hari; ada empat berguncang utama di abad. itu hanyalah di tahun terakhir yang kita yang telah datang ke undestand kenapa gempa mengoperasikan sepanjang lembah ini. terletak laut merah dan Laut Mati sepanjang satu lestarian retak lembah besar dari Afrika Timur. di sini dua diantara lempeng angkut itu daratan saat mereka terapung pada baju hujan denser dari kendara bumi berdampingan. seperti mereka thurst yang lampau satu sama lain sepanjang retak ini, permukaan dari bumi echoes ke goncangan sumur itu atas dari di bawah. sebagai hasil, gempa selalu telah meletus sepanjang poros pada yang mana terletak Laut Mati. Dan pada pandanganku itulah kenapa Kitab Injil adalah penuh dengan ingatan dari keajaiban alami: beberapa banjir masa lampau, beberapa kering berlari dari Laut Merah, Jordan kering berlari, dan tembok dari Jericho menggagalkan.
Kitab injil adalah satu riwayat curiga, pisahkan cerita rakyat dan rekaman bagian. riwayat adalah, tentu, ditulis oleh pemenang, dan Israelis, ketika mereka meledakkan melalui sini, dijadi pembawa dari riwayat. kitab injil adalah cerita mereka: riwayat dari seseorang yang punya berhenti menjadi nomad dan kepastoran dan harus menjadi satu suku pertanian.
Bertani dan peternakan tampak pengejaran sederhana, tapi arit Natufian adalah satu sinyal untuk memperlihatkan kita bahwa mereka tidak diam tidak bergerak. tiap-tiap langkah pada penjinakan dari hidup pabrik dan binatang memerlukan penemuan, mulai yang sebagai alat teknis dan dari yang mengalir prinsip ilmiah. alat dasar dari nimblefingered memikirkan terletak sekitar, tidak mempengaruhi, di apapun desa dimanapun di dunia. persediaan melimpah mereka dari keahlian kekecilan dan akal dan tipu muslihat adalah sebagai banyak akal, dan pada satu rasa dalam seperti penting pada pendakian dari orang, seperti semua piranti dari fisika inti: goda, jarum penggerek, teko, anglo, sekop, kuku, dan sekrup, embusan, dawai, simpul, bayangi, pakaian kuda, cangkuk, tombol penekan, sesuatu sepatu dapat menyebutkan seratus dan tidak menghadang untuk nafas. kesempurnaan berasal dari saling mempengaruhi dari penemuan; satu budaya adalah satu pendarab ide, dimana masing-masing alat baru percepat dan perbesar kekuatan dari sisa.
Mengatasi pertanian menciptakan satu teknologi dari yang mana semua fisika, semua pengetahuan buka. ketika yang dapat melihat ini pada perubahan dari arit awal untuk mendiang. pada mulanya mengerling mereka melihat sangat banyak mirip: arit dari tahun ribu sepuluh berselang gatherer, dan arit dari sembilan ribu tahun berselang ketika gandum ditanami. tapi lihat lebih lekat. gandum ditanami adalah sawed dengan satu tepi bergigi tajam: karena kalau kamu memukul gandum, kemudian akan buah biji-bijian curah ke halus; tapi kalau kamu gergaji perlahannya, buah biji-bijian akan diselenggarakan pada telinga dari jagung. dan arit telah ditiru ini selalu sejak itu ke dalam waktu kanak-kanakku pada perang dunia pertama, ketika arit dibengkok dengan tepi bergigi tajam masih apa kamu memotong gandum dengan. satu teknologi seperti tersebut, pengetahuan fisik menyukai tersebut, datangi ke kami di luar pagar dari tiap-tiap bagian dari hidup pertanian sangat secara spontan yang kita merasakan seperti kalau ide menemukan orang, rada dibandingkan yang lain cara tentang.
Penemuan yang paling kuat pada semua pertanian adalah, tentu, bajak. kita berpikir dari bajak sebagai satu baji membagi tanah. dan baji adalah satu mekanis awal yang penting penemuan. tapi bajak juga apapun jauh lebih fundamental: ini adalah satu ungkit yang mengangkat tanah, dan ini adalah antara yang pertama aplikasi dari prinsip dari ungkit. ketika, merindukan setelah itu, Archimedes menjelaskan teori dari ungkit ke Yunani, dia mengatakan itu dengan satu fulkrum untuk ungkit dia dapat menggerakkan bumi. tapi ribuan tahun sebelum itu ploughmen dari timur tengah sedang mengatakan ' Memberikan aku satu ungkit dan aku akan memberi makan bumi '.
Aku punya ulang bertanda bahwa pertanian ditemukan paling tidak sekali lagi, banyak kemudian, di Amerika. tapi bajak dan roda bukan, karena mereka bergantung kepada campuran animal.the melangkah berada di luar sederhana pertanian di timur tengah adalah penjinakan dari binatang campuran. kegagalan untuk membuat biologi itu gerakan mempertahankan belakang Dunia Baru pada taraf dari pentung gali dan pak; ini bahkan tidak tanpa diduga rodanya pembuat barang tembikar.
Roda ditemukan untuk pertama kali sebelum 3000 BC di apa kini penemuan selatan awal Russia.these adalah roda kaku yang kekar menyertakan ke satu getek lebih tua atau pengeretan untuk isi gambar, yang di situ oleh adalah convertedinto satu cart.from kemudian pada dan poros sumbu roda menjadi akar ganda dari penemuan yang mana tumbuh. antara lain, ini diarahkan ke dalam satu instrumen untuk gandum gerinda dan mempergunakan kekuatan dari sifat alami untuk lakukan tersebut; kekuatan hewan pertama, dan kemudian kekuatan dari angin dan air. roda menjadi satu model bagi seluruh gerak dari gantian, satu norma keterangan dan satu lambang surgawi dari lebih dari manusia daya di pengetahuan dan di seni matahari alike.the adalah satu kereta perang roda, dan langit sendiri adalah satu roda, bentuk waktu yang babilonia dan dipetakan Yang Yunani pemutaran dari atsir penuh bintang. di alami pengetahuan modern gerak (yang, gerak tak terganggu) masuk satu garis lurus; tapi untuk pengetahuan Yunani, bentuk dari mation bahwa tampak alami (yang, yang tidak bisa dipisahkan di sifat alami) dan sesungguhnya sempurna bergerak tanpa kemajuan.
Kesana-sini waktu yang Joshua Stormed Jericho, kata 1400 Bc, insinyur mesin dari Sumer dan Assyria mengarahkan roda ke dalam satu katrol untuk menggambar air. pada waktu yang sama mereka mendisain besar-besaran irigasi sistem. pemeliharaan vertikal batang masih terus hidup seperti tanda baca ke seberang pemandangan persia. mereka menuruni foot tiga ratus ke qanats atau kanal bawah tanah alat hias itu sistem, di taraf suatu darimana air alami adalah selamat evaporasi. tiga ribu tahun setelah mereka dibuat, perempuan desa dari Khuzistan masih gambar catuan air mereka dari qanats untuk menangani sehari-hari kerja harian dengan komunitas masa lampau.
Qanats adalah satu penghujung konstruksi dari satu civilisation kota, dan menyiratkan keberadaan pada waktu itu hukum untuk mengurus benar air dan masa jabatan mendaratkan dan hubungan kemasyarakatan lain. pada satu komunitas pertanian (besar-besaran petani bertani dari Sumer, sebagai contoh) kepastian hukum yang punya satu karakter berbeda dari hukum nomad yang mengurus pencurian dari satu kambing atau satu biri-biri. sekarang struktur sosial diikat dengan peraturan dari hal pengaruh itu komunitas secara keseluruhan: akses untuk darat, pemeliharaan dan kontrol dari benar air, hak untuk pergunakan, arahkan dan arahkan sekitar, konstruksi mahal pada yang mana panen dari musim tergantung.
Sekarang juga montir desa telah menjadi satu invetor pada benar memilikinya. dia mengombinasikan mekanis dasar prinsip pada alat canggih yaitu, pada hakekatnya, mesin awal. mereka adalah tradisional di timur tengah: mesin bubut tundukan, antara lain, yaitu salah satu perancangan klasik untuk linear pemutaran ke dalam gerak-putar. di sini perancangan tergantung, dengan mahir, pada pemutaran satu dawai membulatkan satu drum dan ikat akhir dawai untuk kedua-duanya akhir dari sejenis tongkat biola. potongan dari kayu dikerjakan terlekat pada drum; ini diarahkan oleh berpindah patuh pada dan fro, sehingga itu dawai berputar drum pegangan itu potongan dari kayu, yaitu dibuat skore oleh satu pahat. kombinasi adalah beberapa ribu tahun usia, tapi aku melihat ini terpakai oleh kepala pembuatan gipsi kaki pada satu kayu di Inggris pada 1945.
Satu mesin adalah satu alat untuk sadap kekuatan di nature.that adalah benar dari gelendong paling sederhana itu perempuan Bakhtiari bawa, serba ke bersejarah reaktor inti pertama dan semua sibuknya progency. namun sebagai yang mesin telah menyadap sumber lebih besar dari kekuatan, ini sudah tiba semakin banyak untuk mendahului penggunaan alami ini. yang ini bahwa mesin di dalamnya bentuk modern sekarang tampak ke kami satu ancaman?
Pertanyaan saat ini membentur kita bergantung pada skala dari kekuatan yang mesin dapat develope. kita dapat meletakkan ini pada bentuk dari alternatif: adalah kekuatan pada skala dari pekerjaan untuk yang mana mesin dipikirkan, atau adalah ini sehingga tidak sebanding bahwa ini dapat mendominasi pengguna dan menyimpangkan penggunaan? pertanyaan oleh karenanya jangkau jauh ke belakang; ini memulai ketika menganak-buahi pertama satu kekuatan pemanfaatan lebih besar dibandingkannya sendiri, kekuatan dari binatang. tiap-tiap mesin adalah satu semacam campuran hewan bahkan reaktor inti. peningkatan ini orang itu surplus telah memenangkan sifat alami sejak awal dari pertanian. dan oleh karenanya tiap-tiap mesin tentang menetapkan dilema asli: apakah ini menyampaikan daya yang aku tanggapi ke permintaan dari ini spesific pergunakan, atau adalah ini satu sumber organisasi inkonvensional dari daya berada di luar pembatas dengan penggunaan bersifat membangun? konflik aku skala dari kekuatan pulang serba ke perkembangan itu waktu di riwayat manusia.
Pertanian adalah seseorang bagian dari revolusi biologi penjinakan dan mengendalikan dari binatang desa adalah yang lain. urutan dari penjinakan adalah sistematis. datangi pertama anjing, barangkali bahkan sebelum 10000 BC. kemudian datangi binatang makanan, memulai dengan kambing dan biri-biri. kemudian datangi binatang campuran seperti onager, satu semacam bodoh liar. binatang menambahkan satu surplus banyak lebih besar dibandingkan mereka konsumsi. tapi yang hanya sampai bertemu kembali benar sebagai binatang tersisa sederhana pada stasiun sesuai mereka, seperti babu dari pertanian.
Ini tak diduga itu binatang jinak harus menghasilkan persis untuk mengandung dalam dirinya, dari kemudian pada, ancaman ke surplus dari buah biji-bijian dengan mana komunitas teratasi lives dan terus hidup. paling tak diduga, karena betapapun ini adalah lembu jantan, pantat, sebagai satu binatang campuran yang telah menolong ciptakan surplus ini. (buku perjanjian lama dengan cermat menghimbau bahwa mereka diperlakukan sumur; sebagai contoh, ini melarang peladang untuk memasang kuk satu lembu jantan dan satu pantat ke bajak bersama-sama, sejak mereka bekerja di cara yang berbeda.) tapi bulatkan sekitar lima ribu tahun berselang, satu hewan campuran baru tampak kuda. dan yang terbongkar dari semua proporsi lebih cepat, lebih kuat, dominan lebih dibandingkan apapun binatang sebelumnya. dan mulai sekarang yang menjadi ancaman ke surplus desa.
Yang kuda telah mulai oleh gambar menggelinding kereta, sukai lembu jantan kecuali rada grander, menggambar kereta perang pada prosesi dari raja. kemudian, di suatu tempat sekitar 2000 BC, orang-orang menemukan bagaimana caranya mengendarai ini. ide harus telah sebagai kejut di dalamnya hari sebagai penemuan dari mesin terbang. untuk satu hal, ini diperlukan satu lebih besar, kuda lebih kuat kuda mula-mula benar-benar binatang kecil dan, sukai llama dari Amerika Selatan, tidak dapat membawa satu orang untuk lama. mengendarai sebagai satu penggunaan serius untuk kuda oleh karenanya berawal pada suku nomad yang berbiak kuda. mereka adalah orang-orang keluar Asia Pusat, Ajam, Afganistan dan berada di luar; pada barat mereka hanya Scythians dipanggil, sebagai satu nama kolektif untuk satu ciptaan baru dan takutkan, satu fenomena sifat alami.
Untuk pengendara dengan nyata lebih dari satu orang: dia adalah kepala orang lain tinggi di atas, dan dia bergerak dengan kekuatan bingung sangat bahwa dia adalah langkah dunia hidup. ketika pabrik dan binatang dari desa telah dijinakkan untuk kegunaan manusia, menaiki kuda adalah satu lebih dari manusia isyaratkan, simbolis ulah dari kekuasaan terlalu total ciptaan. kita mengetahui bahwa ini juga dari wae dan ketakutan yang kuda yang diciptakan lagi pada times historis, ketika Orang Spanyol dinaiki liputi angkatan perang dari Negara Peru (siapa mempunyai jangan paham satu kuda) pada 1532. sehingga, lama sebelum, Scythians adalah satu rasa amat ngeri yang sapu berlalu daerah itu tidak mengetahui ilmu pengetahuan tentang teknik dari berkuda. yunani ketika mereka lihat pengendara Scythian yakini kuda dan pengendara seseorang; yang bagaimana mereka menemukan legenda dari sentaurus. bahwasanya, itu bastar lain manusia setengah dari imajinasi Yunani, orang bernafsu besar, mula-mula tidak memisahkan kambing kecuali pisahkan kuda; sehingga dalam adalah tidak kemudahan itu ciptaan desak dari timur timbul.
Kita tidak dapat berharap menangkap kembali hari ini rasa amat ngeri yang kuda dinaiki membentur ke dalam timur tengah dan Eropa sebelah timur ketika ini pertama appeare. itu karena terdapat sebuah perbedaan dari skala yang aku dapat hanya membandingkan dengan arrivel dari mobil tempur aku polandia pada 1939, menyapu semua sebelum mereka. aku meyakini bahwa kepentingan dari kuda di riwayat Orang Eropa selalu telah mengerti. dalam beberapa hal, peperangan diciptakan oleh kuda, sebagai satu aktivitas nomad. yang apa akhirnya Mongol Yang bawakan, dan membawakan ke satu klimaks di bawah Gelar Penguasa Mongol Genghis banyak kemudian. khususnya, gerombolan bergerak transformasikan organisasi dari pertempuran. mereka membenihkan satu strategi berbeda dari peperangan satu strategi itu seperti satu game perang; bagaimana warmakers suka pada permainan!
Grain In The Stone
Salah satu langkah terbesar manusia adalah munculnya tukang batu. Yang semula tinggal di gua-gua atau rumah-rumah yang terbuat dari bumi, sekarang manusia sudah membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Mungkin tampak seperti sebuah perubahan kecil tetapi sebenarnya itu besar.
Dan semakin lama kelamaan terbentuknya juga gedung, kota, dan bangunan2 lainnya. Ini merupakan suatu pemahaman baru tentang alam yang menjelaskan bahwa sesuatu yang Anda dapat diambil terpisah, memahaminya lalu kemudian dimasukkan kembali dengan cara baru. Ada lagi pemahaman lainnya yaitu pemahaman munculnya kota-kota. Bahwa tidak hanya secara fisik dengan memberikan bangunan yang diperlukan, tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian-bagian yang bekerja bersama-sama.
Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu. Caranya adalah pembagian kerja, antai komando. Cara pembagian kerja contohnya adalah seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan dalam hidupnya dan menjadi sangat bagus dengan penemuan-penemuan baru. Tidak hanya para tukang batu, tetapi juga pengrajin lain. Sedangkan antai komando adalah sebuah kota atau orang-orang yang bertindak untuk mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat.
Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.
Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal yang begitu banyak sehingga ia sering membuat sesuatu yang berguna dan lebih baik daripada dia harus merusak dunia. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan perubahan sesuatu.
Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.
Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini.
Hubungannya cerita ini yaitu, semakin tua bumi ini, semakin banyak perubahan yang ada. Kita tinggal di bumi ini memiliki sejarah. Contohnya sejarah Terbentuknya bumi ini kita dapat mengetahuinya karena adanya sejarah yang menceritakannya. Adanya bumi ini, karena adanya pula kehidupan, perkembangan, dan kemajuan dari jaman ke jaman. Dari jaman ke jaman itulah, bumi semakin berkembang. Hal ini didukung oleh, manusia yang sudah memiliki daya pikir yang cukup tinggi untuk memajukan dirinya, dan lingkungan yang ditempatinya. Kita sebagai manusia yang menempati lingkungan bumi, kita harus menjaganya dan merawatnya bukan merusaknya. Kita lakukan ini untuk kebaikan bersama agar bumi ini dapat bertahan lebih lama.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar